Muara Kedurang, Paduan Pantai dan Muara

Berswafoto di Pantai Muara Kedurang

Bengkulu Selatan, Bengkulutoday.com - Jika anda sedang berada di Bengkulu Selatan, anda bisa berefresing sejenak ke Pantai Muara Kedurang. Lokasi Pantai Muara Kedurang tidak jauh dari pusat Kota Manna, ibu kota Kabupaten Bengkulu Selatan. Jika kesulitan menemukan lokasinya, anda cukup bertanya kepada warga sekitar, tentu akan diberi petunjuk arah ke Pantai Muara Kedurang. Namun, bagi anda yang sudah terbiasa dengan teknologi Android, cukup anda buka google map.

Objek wisata Pantai Muara Kedurang menjadi salah satu andalan destinasi wisata di Bengkulu Selatan, selain objek wisata Pantai Pasar Bawah yang terletak di Kota Manna. 

Bedanya, jika Pantai Pasar Bawah penuh dengan fasilitas umum untuk bersantai, jika di Pantai Muara Kedurang, anda akan lebih natural dengan sentuhan alam khas tropis. Pantai ini satu-satunya pantai yang dimana anda juga bisa menikmati juntaian air di bibir muara dipadu dengan pepohonan hijau. Keunikan lainnya dari Pantai Muara Kedurang adalah disini anda bisa melihat pertemuan antara air tawar (darat) dengan air laut.

Di Pantai Muara Kedurang, anda juga bisa menikmati pemandian dengan kehijauan air tawar, atau sebaliknya, anda mandi di pantai dan kemudian berbilas di sungainya. Jika bosan di pantainya, anda bisa bersantai juga di sekitar kawasan pantai yang dibawah rindang pohon dan rerumputan.

Masyarakat sekitar menjadikan objek wisata Pantai Muara Kedurang sebagai tempat untuk berakhir pekan. Selain berfoto-foto, masyarakat juga bisa bersantai diatas bebatuan.

Baca juga: Turis Singapura Akui Ekstremnya Wisata Arung Jeram Bengkulu Selatan

Sementara jika liburan Idul Fitri, Pantai Muara Kedurang menjadi salah satu alternatif tujuan pengunjung untuk berekreasi ataupun berswafoto bersama keluarga dan kekasihnya. Selamat mengunjungi.

"Pantainya natural, akan lebih bagus jika pemerintah mulai membangun fasilitas untuk memanjakan pengunjung, misal saja dibangun tempat khusus untuk kuliner dan juga tempat berbilas dan MCK, sehingga ada bentuk perhatian dari pemerintah, selama ini kawasan wisata itu difasilitasi secara swadaya oleh masyarakat sekitar," ungkap Erfina Murliati, gadis Pariwisata Bengkulu Selatan 2013.

Erfina menambahkan, destinasi wisata di Bengkulu Selatan harus digarap secara serius, sehingga nanti akan terjadi integrasi pariwisata dengan kabupaten tetangga, misalnya Kaur. 

Baca juga: Danau Kawutan Serunting, Objek Wisata Alam di Bengkulu Selatan

"Di Kabupaten Kaur memiliki banyak potensi wisata alam dan bahari, jika objek wisata di Bengkulu Selatan ditata dengan baik, maka bisa menjadi saling menguntungkan, pengunjung dari kota yang ingin ke kaur pasti akan mampir sejenak di Pantai Muara Kedurang, maupun Pantai Pasar Bawah, ini namnya pariwisata terintegrasi, saling menunjang dan mendukung, kebanyakan pengunjung objek wisata ingin menghabiskan waktu sehari dengan mengunjungi beberapa objek wisata, ini tren kekinian, sebab pengunjung pasti ingin mengabadikan setiap momen kunjungannya, semakin banyak objek wisata yang dikunjungi, maka mereka akan semakin membantu mempromosikan wisata daerah melalui akun media sosialnya," imbuh Erfina, yang juga pernah aktif sebagai aktivis kampus di PMII.

Pantai Muara Kedurang
Hutan tropis di sekitar Pantai Muara Kedurang (Erfina Murliati)
Pantai Muara Kedurang
Erfina Murliati (Lokasi: Pantai Muara Kedurang)

(Fong)

www.domainesia.com