MoU BKSDA dengan Poktan di Kepahiang, Beri 8.000 Pohon untuk Petani

Poktan Diberikan Bibit Pohon oleh BKSDA

Kepahiang, Bengkulutoday.com - Dalam rangka pemulihan ekosistem alam, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu melakunan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kepahiang, Jumat (15/11/19), di Desa Suka Sari Kecamatan Kabawetan. MoU tersebut khususnya dengan kelompok petani di kawasan taman wisata alam Bukit Kaba.

Yakni, 400 Ha akan dikonservasi dengan menanam 8.000 pohon yang bermanfaat, hasil buah dan daun dapat dimanfaatkan dan akarnya dapat menahan tanah.

"Dengan pengelolaan yang lebih baru dengan mengakomodir masyarakat yang ada di konservasi untuk diberdayakan lebih optimal lagi, dengan menanam pohon dalam hal ini buah-buahan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat," sampai Ir Diah Murtiningsih M., Hum selaku direktur Kawasan Konservasi.

Sementara itu Bupati Kepahiang berharap dengan ditanamnya pohon tersebut masyarakat sejahtera kawasan konservasi terjaga kelestariannya. Bupati mengingatkan pertama tidak boleh meluaskan kawasan, kemudian menanam pohon, ketiga menjaga satwa yang ada.

Sejauh ini, perkebunan yang turun menurun dikelola oleh masyarakat Kepahiang adalah budidaya kopi, Bupati Kepahiang juga mempromosikan produksi Kopi unggulan Kabupaten Kepahiang yang sudah mendapat sertifikasi Indikasi Geografis (IG).

"Kopi Kepahiang sudah mendapat STIG sertifikasi Robusta Kopi Kepahiang, menjadi unggulan hingga memenangkan festiva di Prancis. Dengan penanaman pohon artinya hutan kita terjaga, kita terhindar dari bencana alam, dan masyarakat dapat memanfaatkan hasilnya," sampai Bupati.

(My)

www.domainesia.com