Skip to main content
Unik
Sekda Nopian Andusti menerima piagam rekor Muri

Meriah ! Kirab Satu Negeri Ukir Rekor Muri Menjahit Bendera 1945 

  • Star
  • Star
  • Star
  • Star
  • Star

Bengkulutoday.com - Kirab Satu Negeri GP Ansor yang berlangsung di Bengkulu sukses meraih rekor Muri. Rekor Muri diperoleh atas suksesnya salah satu kegiatan Kirab Satu Negeri, yakni para ibu-ibu yang menjahit bendera merah putih sebanyak 1945 pieces.

kirab satu negeri

Kegiatan dipusatkan di rumah peninggalan Fatmawati Soekarno di Kelurahan Anggut Atas, Kota Bengkulu, Minggu (30/9/2018). 

Hadir dalam acara itu Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Coki Manurung, Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti, Sekjen PP GP AnsorAdung Abdul Rahman, pengurus Ansor dari setiap kabupaten, para undangan dan ribuan masyarakat yang didominasi ibu-ibu rumah tangga.

kirab satu negeri

"Alhamdulillah sukses, Kirab Satu Negeri telah sampai di Bengkulu, terimakasih masyarakat Bengkulu. Dengan kegiatan ini semoga menjadi wujud penghormatan kepada Ibu Fatmawati Soekarno yang dulunya menjahit bendera pusaka merah putih," kata Adung Abdul Rahman, Sekjen PP GP Ansor.

kirab satu negeri

Dijelaskan Fahrur, menjahit bendera sebanyak 1945 sebagai pengingat akan sejarah tahun kemerdekaan republik Indonesia. "Pada tahun itu, Indonesia memproklamirkan diri atas kemerdekaannya," ucapnya.

Melalui Kirab Satu Negeri, Adung Abdul Rahman menyampaikan pesan kebangsaan agar masyarakat memperkuat semangat nasionalisme berdasar pada Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan mengajak masyarakat untuk toleran, cinta damai serta menjadikan Indonesia sebagai tauladan bagi serasinay dunia karena di Indonesia ada beragam suku bangsa, agama dan ras.

Sementara Sekda Nopian Andusti mengapresiasi kegiatan Kirab Satu Negeri GP Ansor. Dia menceritakan sejarah bendera pusaka yang pertama kali dijahit oleh Fatmawati Soekarno sebagai bagian dari sejarah bangsa. 

"Dengan kegiatan ini akan memperkokoh eksistensi Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan UUD 1945. Selain itu juga akan menumbuhkan rasa cinta tanah air, mengaplikasikan kerukunan ditengah kehidupan bermasyarakat, kita tunjukkan pada dunia bahwa Indonesia bisa rukun dan damai dengan berbagai keragamannya," papar Nopian.

Kemudian, dipenghujung acara, tim penilaian dari Muri menyerahkan piagama rekor Muri kepada Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti.

Koordinator Kirab Satu Negeri Adbul Kharis Makmun mengucapkan syukur dan terimakasih atas dukungan masyarakat Bengkulu. Menurutnya, apresiasi luar biasa dari masyarakat Bengkulu merupakan kunci suksesnya hajatan tersebut. 

"Saya terharu, semoga dengan kegiatan ini akan semakin menumbuhkan rasa cinta tanah air, semangat patriotisme dan tercipta rukun damai dalam kehidupan bermasyarakat," kata Abdul Kharis Makmun. [JS]

Facebook comments

Berita Terkait