Menteri Eko Hadiri Gelar Teknologi Tepat Guna di Bengkulu

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyambut Menteri Eko Putro Sandjojo

Bengkulutoday.com - Gubernur Rohidin Mersyah⁩ menyambut kedatangan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia Eko Putro Sandjojo di Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu, Minggu (22/9/2019).

Menteri Eko Putro Sandjojo hadir untuk membuka acara Gelar Teknologi Tepat Guna (GTTG) XXI tahun 2019 yang digelar di Bengkulu.

Gelar TTG dilaksanakan setiap tahunnya secara bergantian di setiap provinsi. Dimana TTG sendiri merupakan salah satu cara untuk mendorong terwujudnya kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dalam rangka meningkatkan akses masyarakat terhadap teknologi tepat guna.

"Kegiatan ini sebagai instrumen penting, untuk bisa mengakselerasikan pembangunan di tingkat pedesaan. Hadirnya TTG merupakan variable utama untuk menambah nilai produksi di tingkat pedesaan. Dimana lima tahun perjalanan ini, telah memberikan transformasi wajah pedesaan yang semakin membaik. Terutama di sisi infrastruktur dan pelayanan sosial dasar," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Desa PDTT, Anwar Sanusi.

Untuk output Gelar TTG dalam lima tahun terakhir ini, dapat dijadikan klaim untuk melangkahkan kemajuan desa ke tingkat berikutnya. Sebab teknologi sendiri dibutuhkan masyarakat untuk mengekspose hasil produksinya. Tidak lain guna meningkatkan produktivitas ekonomi di pedesaan.

"Output tersebut mampu dikapitalisasi dengan program inovasi desa. Yang salah satu bentuk konkritnya, kita menyediakan suatu tempat, dimana masing-masing desa melakukan expose berbagai produksi inovasi. Untuk pengembangan pedesaan, pengelolaan desa dan peningkatan infrastruktur," tambah Anwar Sanusi.

Dipilihnya Bengkulu sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan ini, diharapkan menguatkan citra Bengkulu di kancah nasional maupun internasional. 

TTG merupakan jenis teknologi yang banyak ragamnya sesuai dengan bidang ilmu dan penerapannya. Teknologi ini dirancang untuk masyarakat tertentu sesuai dengan aspek lingkungan, budaya, sosial, politik dan ekonomi masyarakat.

TTG diciptakan untuk membuat pekerjaan manusia semakin mudah serta mampu meningkatkan nilai ekonomi. Sehingga mempermudah pekerjaan dan tekniknya tidak melelahkan, tidak repot mengerjakan secara manual sekaligus kebersihannya pun lebih terjamin serta hasilnya lebih berkualitas dan higienis.

Contoh TTG di bidang Pertanian : mesin penebar pupuk, mesin perontok padi, dll. Di bidang Usaha Kecil : mesin pengupas & pengiris buah/bawang, mesin penggiling daging, dan lain-lain. Di bidang Peternakan : mesin penetas telur, mesin pemerah susu, dan lain-lain.

Gelaran Teknologi Tepat Guna dipusatkan di Sport Center Bengkulu mulai Minggu 21 hingga 25 September 2019.

(Bis/Rita)

www.domainesia.com