Skip to main content
IKLAN HPN
daerah
Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Kabupaten Kepahiang menyelenggarakan pelatihan pegawa klub jantung sehat Sabtu (2/2/2019)

Menambah Pengetahuan, YJI Kepahiang Gelar Pelatihan Peraga Klub Jantung Sehat

  • Star
  • Star
  • Star
  • Star
  • Star

Kepahiang, Bengkulutoday.com - Untuk menambah pengetahuan bagi klub jantung sehat di wilayah pedesaan, Sabtu (2/2/2019) Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Kabupaten Kepahiang menyelenggarakan pelatihan pegawa klub jantung sehat. Kegiatan tersebut sekaligus dilaksanakannya pelatihan pengurusa klub jantung sehat, yang diikuti sekitar 800an anggota klub jantung sehat, setiap desa mengirimkan 10 peserta.

Ketua YJI Kepahiang Efie Hidayat menyatakan bahwa kegiatan pelatihan klub jantung sehat merupakan program kerja tahun 2019, tujuannya selain untuk bersilahturahmi dengan seluruh klub jantung sehat se-Kabupaten Kepahiang. Ialah untuk menambah pengetahuan bagi anggota klub jantung sehat, sehingga pelatihan peraga ini tidak lagi menunggu instruktur dari kabupaten.

"Setiap senam mereka menunggu instruktur dari kabupaten, paling tidak dengan adanya pelatihan seperti ini, klub-klub jantung sehat di pedesaan bisa belajar, bisa melaksanakannya sendiri. Kami mengajak seluruh desa punya klub jantung sehat, antusias untuk kesehatan jantung semakin tinggi ini yang kita apresiasi," jelas Efie.

Sementara itu, Bupati Kepahiang Hidayattulah Sjahid selaku penasehat yayasan jantung sehat mengeapresiasi gerakan pelatihan peraga klub jantung sehat di daerah ini. Yang tujuannya mengajak masyarakat untuk hidup sehat, ia berharap masyarakat dapat menjaga kekompakan antara pengurus dan anggota untuk menjaga silaturahmi.

"Dengan adanya klub jantung sehat, harapan saya masyarakat tidak membentuk blok-blok atau kubu yang memecah belah kita, disamping menjaga silaturahmi, olaharaga itu adalah sebua sportifitas, kesetaraan dan kebersamaan. Olahraga ini penting bagi kesehatan, untuk kehidupan kita serta memasyarakatkan jantung sehat, sebab gejala penyakita generatif seperti hipertensi, diabetes dan sebagainya yang menyerang Lansia hingga anak muda," jelas bupati.

Pentingnya gerakan hidup sehat, lanjut Bupati masyarakat dibiasakan bergerak setiap hari, mengatur pola makan, diet karbohidrat, serta mengendalikan stres dan berfikir positif untuk menjaga kesehatan. Penyakit hipertensi menurutnya, merupakan penyakit utama yang membahayakan oleh karena itu banyak pencegahan yang harus dilakukan, salah satunya peran Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Kepahiang. [MY]

Tags

Facebook comments

Berita Terkait