Kunker ke Madiun, Pemkot Bengkulu Belajar Penerapan SIMBG

Kunker yang dipimping langsung Wakil Wali Kota Bengkulu bersama rombongan OPD diterima langsung Wali Kota Madiun Maidi di ruang transit Balai Kota Madiun

Bengkulutoday.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kota Madiun Provinsi Jawa Timur. Kunker yang dipimping langsung Wakil Wali Kota Bengkulu bersama rombongan OPD diterima langsung Wali Kota Madiun Maidi di ruang transit Balai Kota Madiun, Rabu (14/8/2019).

Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi mengatakan kunker ke Madiun dalam rangka untuk melihat secara langsung dan belajar akan program program terbaik yang dimiliki Pemkot Madiun.

“Pemkot Bengkulu belajar dari Pemkot Madiun akan Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG). Dimana, Kota Madiun terkenal dengan penerapan terbaik SIMBG di Indonesia,” ujar Wawali Dedy Wahyudi.

Ia menambahkan, penerapan SIMBG ini merupakan dalam hal kaitannya pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) rumah atau bangunan lainnya.

“Dengan menggunakan SIMBG masyarakat Madiun dalam proses pengurusan IMB tidak memakan waktu lama dan bisa dikatakan dalam waktu 1 hari pengurusannya selesai. Oleh karena itu, Pemkot Bengkulu datang dan belajar ke Kota Madiun,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Dedy Wahyudi tidak menampik bahwa pengurusan IMB di Kota cukup lamban dan memakan waktu yang cukup lama.

“Selama ini pengurusan IMB makan waktu seminggu bahkan sebulan. Kedepannya akan kita benahi dengan target dalam 3 hari selesai. Khusus rumah warga per orang, target 1 hari sejak berkas diserahkan selesai. Dengan catatan syarat semuanya lengkap,” ujar Dedy Wahyudi sembari optimis.

Sementara itu, Wali Kota Madiun Maidi menyambut baik kedatangan rombongan Pemkot Bengkulu. Kedepannya Pemkot Madiun akan berkunjung ke Kota Bengkulu.

“Mendengar pemaparan Wakil Wali Kota Bengkulu tentang program mewujudkan Kota Bengkulu Bahagia dan Religus, Pemkot madiun tertarik ingin berkunjung melihat secara langsung ke Kota Bengkulu. Dimana Pemkot Bengkulu melalui Wali Kota nya mengimbau rumah ibadah untuk buka 24 jam serta melihat program jemput sakit pulang sehat (JSPS) Kota Bengkulu,” kata Maidi saat menerima rombongan Pemkot Bengkulu.

Selain program SIMBG, Pemkot Bengkulu melihat program Pemkot Madiun menginap di rumah warga, program Sunday market, penataan lingkungan dan taman, serta program jaminan kesehatan masyarakat semesta.

Turut hadir mendampingi Wakil Wali Kota Bengkulu, diantaranya Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kota Bengkulu, PLT Kepala Dinas PUPR Kota Bengkulu, Kepala Dinas DPMPTSP Kota Bengkulu serta rombongan lainnya.

sumber: Media Center Kota Bengkulu 

www.domainesia.com