Kepala Pengamanan Rutan Bengkulu Turun Lapangan Memantau Kebersihan di Blok Hunian

Kepala Pengamanan Rutan Bengkulu Turun Lapangan Memantau Kebersihan di Blok Hunian

BENGKULU - Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (Ka.KPR) Rutan Kelas IIB Bengkulu, Ganang Mahardiko memantau kegiatan kebersihan yang dilakukan oleh warga binaan di area blok hunian pada jum'at (23/2). Dalam upaya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di dalam rutan, Ka.KPR memastikan bahwa semua aktivitas dilaksanakan sesuai prosedur dan standar yang telah ditetapkan.

Ganang menjelaskan kegiatan kebersihan area merupakan bagian integral dari program rehabilitasi dan pembinaan yang diterapkan di rutan. 

"Kami percaya bahwa menjaga kebersihan lingkungan akan berdampak positif bagi kesejahteraan dan kesehatan para warga binaan," ungkap Ganang.

Dalam pengawasan kegiatan tersebut, Ka.KPR didampingi Komandan Regu Jaga, Tinton Abdianto  beserta sejumlah anggota regu pengamanan yang bertugas di rutan. Mereka memastikan bahwa semua warga binaan yang terlibat dalam kegiatan tersebut dapat terpantau dengan baik.

Tidak hanya memantau, Ka.KPR juga memberikan motivasi dan apresiasi kepada warga binaan yang menunjukkan kinerja baik dalam kegiatan kebersihan. 

"Kami sangat mengapresiasi partisipasi aktif dari warga binaan dalam menjaga kebersihan lingkungan. Ini menunjukkan bahwa mereka juga memiliki kesadaran akan pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat," tegas Ganang.

Selain itu, kegiatan kebersihan ini juga menjadi ajang untuk membangun keterampilan dan sikap tanggung jawab bagi warga binaan. Mereka belajar tentang pentingnya bekerja sama dalam sebuah tim, kedisiplinan, dan kepedulian terhadap lingkungan.

Hasil dari kegiatan kebersihan ini dapat terlihat secara langsung dalam kondisi lingkungan di dalam rutan. Hal ini menciptakan suasana yang lebih nyaman dan sehat bagi para warga binaan serta petugas yang bertugas di dalam rutan.

"Sebagai bagian dari upaya pembinaan yang holistik, kegiatan kebersihan ini akan terus dilakukan secara berkala di Rutan Kelas IIB Bengkulu. Kita berharap melalui upaya ini, para warga binaan dapat belajar untuk menjadi individu yang lebih bertanggung jawab dan peduli terhadap lingkungan," pugkas Ganag.