Kanopi Dukung Pemerintah Terapkan Kebijakan Lockdown

Wawancara usai diskusi forum

Bengkulutoday.com - Ketua Yayasan Kanopi Ali Akbar mendukung kebijakan yang diusulkan Wali Kota Bengkulu dalam langkah Lockdown atau menutup akses transportasi maupun aktivitas sosial masyarakat Bengkulu terhadap penyebaran Corona Virus (Covid-19). Hal ini mengingat Bengkulu dan Bangka Belitung sebagai dua provinsi di Sumatera yang masih berada di zona hijau.

"Harus tutup. Hidup memang harus ada pilihan meski itu pahit. Jadi selama sebulan ini analisis lockdown adalah solusi terbaik dalam mencegah antisipasi penyebaran corona" kata Ali Akbar, Kamis (27/03/2020) usai diskusi forum mengkaji efektivitas langkah pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Bengkulu.

Menurutnya, kajian lockdown memang harus dibarengi dengan kerjasama masyarakat dan pemerintahan dalam menahan aktivitas sosial sehingga dalam menekan angka penyebaran covid-19 bisa diatasi secara maksimal.

"Cukupkah ketika anak sekolah diliburkan tanpa memberikan edukasi terkait covid-19, dan akhirnya tidak kompatibel informasi yang disampaikan oleh yang bukan ahlinya sehingga itu mengurangi kapasitas pemerintah itu sendiri," papar Ali.

Ali menilai, lockdown perlu dilakukan dengan aspek pengecualian yakni distribusi logistik tetap terus berjalan sehingga dikemudian hari tidak terjadi peledakan penanggulangan penyebaran yang justru merepotkan pemerintahan itu sendiri.

"Penyebaran pandemi ini seperti fnomena gunung es. Dinyatakan aman dan tidak mungkin sampai pada suatu lokasi namun beberapa saat kemudian muncul banyak kasus. Lockdown adalah kebijakan yang tepat saat ini untuk memastikan putusnya rantai penyebaran. Biarlah kita menderita selama 1 bulan dari pada harus terjadi sesuatu yang lebih parah dari apa yang diperkirakan," papar Ali.

Pewarta : Bisri Mustofa

www.domainesia.com