Skip to main content
Pemerintahan
Talkshow bertema Pemanfaatan Dana Desa untuk Pemberdayaan Masyarakat di Bengkulu

Dana Desa Menjadi Daya Ungkit Pembangunan Daerah Secara Massif

  • Star
  • Star
  • Star
  • Star
  • Star

Bengkulu Tengah, Bengkulutoday.com - Pemanfaatan Dana Desa yang bergulir sejak tahun 2015 sebagai implementasi UU No. 6 Tahun  2014 tentang Desa dan PP No.60 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang bersumber dari APBN ternyata menyajikan fakta tak terbantahkan, yakni mampu menjadi daya ungkit pembangunan di Desa-desa secara massif di Tanah Air. 

DANA DESA
Direktur PMD, M Fachri dalam acara Talkshow Pemanfaatan Dana Desa Untuk Pemberdayaan Masyarakat, Bengkulu, Kamis (11/10/2018)

“Dari 9 program Nawacita Presiden Joko Widodo, Program Dana Desa menjadi program yang paling dirasakan langsung oleh masyarakat. Sebuah survei dari lembaga survei menyebutkan tingkat kepuasan publik terhadap dana desa mencapai 60 persen,” kata Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), M. Fachri mewakili Dirjen PPMD, Taufik Madjid saat membuka Talkshow bertema Pemanfaatan Dana Desa untuk Pemberdayaan Masyarakat di Bengkulu, Kamis, (11/10 /2018). 

Kegiatan yang diselenggarakan Kemendes PDTT bekerjasama dengan Tempo Media Group ini diikuti 140 peserta terdiri dari perwakilan kecamatan, kepala desa, pengurus BUMDes, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan lain-lain.

M. Fachri juga menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo yang hadir dalam Rapat koordinasi Pengendalian Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa di Sumatera Utara pada Senin, (8/10/2018) lalu. 

Presiden Jokowi, lanjut M. Fachri, mengatakan bahwa penggunaan dana desa pada 2019 yang totalnya mencapai Rp 73 Triliun sebaiknya bukan hanya berorientasi pembangunan  infrastruktur dasar, namun  juga peningkatan sumber daya manusia (SDM), kesejahteraan dan kesehatan anak-anak serta pengembangan ekonomi masyarakat desa termasuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). 

“Dengan segala keterbatasannya, agar semua pihak terkait jangan membiarkan desa-desa membangun sendiri. Saya berharap ke depan desa-desa di Bengkulu dapat lebih sejahtera,” tegasnya. 

Di kesempatan yang sama, Bupati Bengkulu Tengah Ferry Ramli mengatakan, kehadiran Direktur PMD yang mewakili Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo menjadi kesempatan sangat baik untuk kepala desa se-Bengkulu Tengah untuk berdiskusi dan bertanya segala hal terkait Dana Desa. 

“Jangan puas dengan apa yang telah didapat. Saya meminta Kadis PMD Benteng untuk memperhatikan seluruh kades agar terhindar dari berbagai masalah. Ikuti kegiatan ini baik-baik sampai selesai dan fokus,” ujar Bupati.

Bupati berharap, desa-desa di Kabupaten Bengkulu Tengah mendapatkan inspirasi dan pelajaran berharga dari Dana Desa dan sumber daya yang disediakan Kemendes PDTT untuk meraih kemajuan, kemakmuran dan kemandiriannya. [Rls]

Facebook comments

polda

 

Berita Terkait