Banjir Landa Seluma

banjir rendam Pasar Seluma

Bengkulutoday.com - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu melaporkan potensi cuaca ekstrem di wilayah ini sepekan ke depan. Hasilnya, hujan lebat disertai angin sejak Rabu (08/01/2020) kemarin mulai merendam sebagian wilayah di Provinsi Bengkulu. 

Dilaporkan, Jumat (10/1/2020), air merendam wilayah Desa Pasar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan. Jalan raya penghubung Desa Pasar Seluma-Sukarami-Desa Rawa Indah kecamatan Ilir Talo, terendam air setinggi paha orang dewasa dan nyaris terputus.

Tak hanya itu, banjir juga merendam lahan pertanian padi dan sayuran warga. Atas banjir tersebut, warga tidak bisa beraktifitas. Sementara untuk melintasi jalan penghubung Sukarami dan Pasar Seluma, harus menggunakan sepeda motor tinggi ataupun truk.

“Air ini sudah naik setinggi pinggang. Kalau mau lewat dari arah pantai, dari arah Tais tidak bisa. Kalau mau melintas pakai motor matic jelas tidak bisa, karena airnya bisa masuk ke mesin melewati knalpot,” jelas Karno, warga tersebut. 

Jelang Jumat siang, debit air terus menurun. Namun warga tetap bersiaga, lantaran dikawatirkan hujan akan kembali melanda Kabupaten Seluma.

"Pasar Seluma memang langganan terjadi banjir, dan selalu terendam saat curah hujan tinggi," kata Karno.

Tidak ada laporan korban jiwa akibat musibah banjir ini, namun kerugian materil yang disebabkan mencapai jutaan rupiah. Ini disebabkan lahan pertanian yang rusak diterjang banjir. (Bisri)

www.domainesia.com