IAIN Bengkulu jadi UIN Diresmikan Februari 2020

Kadis Sosial Provinsi Bengkulu Iskandar ZO dan Rektor IAIN Bengkulu serta Dadang Mishal

Bengkulutoday.com - Penasihat Tim Transformasi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu menjadi Universitas Islam Negeri Bengkulu, Dadang Mishal mengatakan, proses peningkatan status IAIN Bengkulu menjadi UIN sudah didepan mata. Bahkan, rencananya peresmian UIN Fatmawati akan dijadwalkan pada Februari 2020 nanti. 

"Sudah matang, mudah-mudahan tidak ada halangan. Kita usulkan jadwal peresmiannya pada Februari 2020 nanti dan akan dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan beberapa menteri, termasuk Mbak Puan," kata Dadang Mishal di Bengkulu, Senin (5/7/2019). 

Dadang menambahkan, IAIN Bengkulu jika menjadi UIN akan menggunakan nama Fatmawati, Ibu Negara RI pertama. Penggunaan nama Fatmawati itu sendiri telah mendapat persetujuan dari Yayasan Fatmawati Soekarno. "Alhamdulillah sudah mendapat persetujuan penggunaan nama Fatmawati, Insya Allah nanti namanya Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno," jelasnya.

Pihak Yayasan Fatmawati Soekarno sendiri dalam suratnya telah merekomendasikan pengunaan nama Fatmawati Sukarno sebagai nama UIN Bengkulu. 

"Yayasan Fatmawati Soekarno sangat menghargai gagasan brilian Pak Rektor untuk mengabadikan nama besar Ibu Fatmawati Soekarno sebagai nama UIN Bengkulu. Bahwa kami melihat hal tersebut juga sebagai bentuk penghargaan bagi Ibu Fatmawati Soekarno dan juga masyarakat Bengkulu, dimana Fatmawati Soekarno adalah putri asli Bengkulu," kata Hildawati M Singedekane, Ketua Yayasan Fatmawati Soekarno, dalam surat rekomendasi tersebut.

Untuk diketahui, Fatmawati Soekarno merupakan pahlawan nasional. Dia juga merupakan istri Presiden RI pertama Ir Soekarno sekaligus Ibu Negara RI Pertama. Dari hasil pernikahannya dengan Soekarno juga melahirkan Presiden RI ke 5, Megawati Sukarnoputri.

Surat rekomendasi penggunaan nama Ibu Fatmawati Soekarno pada Universitas Islam Negeri (UIN) Bengkulu itu disampaikan ke Rektor IAIN Bengkulu tertanggal 14 Juni 2019 lalu. 

Dadang sendiri sebelumnya telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan rektor terkait jadwal peresmian IAIN menjadi UIN yang rencananya diserempakkan dengan peresmian patung Fatmawati. 

"Sudah koordinasi dengan Kadis Sosial Pak Iskandar ZO untuk jadwal peresmian IAIN Bengkulu dan peresmian patung Fatmawati, mohon doanya semuanya lancar," jelas Dadang.

(JS/WS)