Homestay Diharap Jadi Penginapan Alternatif Wisatawan di Bengkulu

Pelatihan homestay

Bengkulutoday.com - Keberadaan homestay di Bengkulu diharapkan mendukung suksesi Wonderful Bengkulu 2020. Hal itu disampaikan Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti saat membuka  Pelatihan Pengelola Homestay di ruang pertemuan Hotel Splah di Kota Bengkulu, Kamis (13/06/2019).

Sekda mengatakan, dengan pelatihan yang dilaksanakan itu, para pemilik homestay yang ada saat ini dapat memanfaatkan kesempatan itu mendukung Wonderful Bengkulu 2020.

Terlebih diketahui beberapa destinasi wisata yang ada di Bengkulu terutama di wilayah kabupaten masih terbilang minimnya fasilitas penginapan.

Sedangkan menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Irsan Setiawan, pelatihan itu difokuskan kepada kabupaten yang minim penginapan bahkan tidak ada sama sekali penginapan tapi memiliki objek wisata menarik.

Kegiatan itu diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu bersama Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Pariwisata dan Hubungan Antar Lembaga Kementerian Pariwisata RI.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Irsan Setiawan mengatakan, berkaitan dengan visit Wonderful Bengkulu 2020 dibutuhkan tempat dan layanan yang baik, dan homestay sebagai alternatif selain hotel.

"Ini merupakan salah satu solusi, dimana destinasi wisata kita yang masih belum banyak mempunyai homestay atau penginapan-penginapan, nantinya homestay bisa dikelola secara profesional oleh masyarakat,” ujarnya.

Dengan adanya homestay, diikuti dengan pelayanan yang baik oleh masyarakat, walaupun bukan sekelas pelayanan hotel bintang, wisatawan bisa merasakan kenyamanan saat mereka berwisata di Provinsi Bengkulu.

"Tentunya melalui pelatihan-pelatihan seperti inilah kita lakukan untuk mengerakkan masyarakat agar bisa mengelola homestay dengan layanan yang baik,” sampainya.

(Brm)