Gubernur, Kapolda dan Danrem Tinjau Perbatasan

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan Forkopimda meninjau posko

Bengkulutoday.com - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah didampingi Kapolda dan Danrem 041/ Gamas Bengkulu meninjau langsung perbatasan Bengkulu - Sumatera Selatan melalui Kabupaten Rejang Lebong-Lubuklinggau dan Kepahiang-Empat Lawang, Jumat (27/3/2020).

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa daerah telah menjalankan instruksi Gubernur Bengkulu untuk memperketat pintu masuk sudah berjalan sesuai prosedur dalam upaya pencegahan pandemi Covid-19 masuk Bengkulu.

"Hari ini kami pastikan betul kondisi perbatasan sudah sesuai prosedur, khususnya wilayah perbatasan Bengkulu - Sumatera Selatan ini," terang Gubernur Rohidin.

Tidak hanya dua wilayah ini, Gubernur Rohidin memastikan akan melakukan peninjauan yang sama ke daerah perbatasan lainnya seperti Kaur-Lampung, Bengkulu Selatan-Pagar Alam dan Mukomuko- Padang.

"Sebelumnya sudah berkali-kali saya tegaskan pentingnya memperketat penjagaan pintu masuk, bukan hanya darat tapi juga udara dan laut," tegas mantan wakil Bupati Bengkulu Selatan ini.

Selain peninjauan, Gubernur Rohidin sebelumnya juga menggelar rapat terbatas (Ratas) bersama Pemda Kabupaten Rejang Lebong dan Kepahiang beserta jajaran FKPD.

Dia meminta pemda untuk fokus melakukan penanggulangan serta pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah masing-masing. Ini mengingat bahwa Rejang Lebong dan Kepahiang posisi wilayahnya berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Selatan.

Sementara itu, Kapolda Bengkulu Irjen Pol Supratman juga menegaskan pentingnya seluruh elemen masyarakat dan jajaran pemerintah mentaati maklumat Kapolri terkait mencegahan penyebaran Covid-19.

Hal senada juga disampaikan Danrem 041/ Gamas Bengkulu Kolonel Inf Dwi Wahyudi. Bela negara harus dilakukan bersama, Babinsa dan Babinkamtibmas serta unsur pemerintahan desa terkait sosialisasi ke masyarakat untuk menjaga jarak (social distancing) dan kurangi keluar rumah dan terus jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan.

www.domainesia.com