Embung Solusi Hadapi Krisis Air, Bupati Kepahiang : Juga Manfaatkan Sebagai Destinasi Wisata

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Embung

Kepahiang, Bengkulutoday.com - Rabu (11/9/19) Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid,MM,IPU melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan embung untuk Tangsi Duren dan Suka Sari Kecamatan Kabawetan.Embung adalah kolam penampung kelebihan air hujan pada musim hujan dan dapat digunakan pada saat musim kemarau.

Pembangunannya adalah salah satu cara untuk menanggulangi kekurangan dan krisis air adalah dengan membangun kolam penampungan air atau embung. Dalam kesempatan tersebut Bupati berharap embung desa bisa menjadi salah satu destinasi wisata baru untuk wilayah Kabawetan.

"Selain untuk menampung air dan irigasi sawah, dapat menanggulangi krisis air. Saya berharap embung ini bisa dimanfaatkan sebagai objek wisata desa. Sehingga semakin banyak lagi wisatawan yang berkunjung kedesa ini. Saya lihat lokasinya juga bagus tidak jauh dari kebun teh kabawetan," ujar Bupati.

Selain memanfaatkan air sebagai kebutuhan utama masyaraat, Bupati juga meminta agar embung desa bisa dimanfaatkan untuk tempat budidaya ikan air tawar.

"Jika bisa dikelola dengan baik, embung ini juga nanti bisa dibuat untuk budidaya ikan air tawar. Kalau boleh dikelola oleh Bumdes. Jadi, bisa menambah pemasukan baru untuk desa," ujar Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial PMD Kepahiang Ir. H. Ris Irianto menyampaikan bahwa embung desa ini merupakan bantuan dari Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal Republik Indonesia yang mana terdapat dua desa di Kabupaten Kepahiang yang mendapatkan bantuan ini yaitu desa Tangsi Duren dan Desa Suka Sari kecamatan Kabawetan.

(my)

www.domainesia.com