Skip to main content
provinsi Bengkulu
penggunaan Vaksin MR

Dinkes: Bengkulu Bebas dari Campak dan Rubella

  • Star
  • Star
  • Star
  • Star
  • Star

Bengkulutoday.com - Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu menyebutkan daerah tersebut sampai sekarang bebas dari virus penyebab penyakit campak dan rubella.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni di Bengkulu, Minggu (13/8/2017), mangatakan, dari pendataan gelaran Posyandu atau sosialisasi kesehatan lainnya yang digelar setiap bulan belum didapati ada anak penderita penyakit tersebut.

“Kita bersyukur di Bengkulu masih bebas dari itu, namun hal itu jangan menjadikan kita lalai, perlu perhatian dan pencegahan dini juga,” kata dia.

Menurut Herwan, sebagai pencegahan dengan imunisasi, Provinsi Bengkulu baru mendapat giliran pada 2018, untuk 2017 ini baru daerah di Pulau Jawa saja yang mendapatkan imunisasi dengan vaksin measless rubella (MR).

“Daerah selain Jawa tahapannya baru 2018, kita tunggu dan semua anak harus mendapatkannya pada gelaran imunisasi nanti,” kata dia lagi.

Sebelum gelaran imunisasi, Dinas Kesehatan setempat tetap mengimbau masyarakat untuk mewaspadai campak dan rubella yakni dengan terus menerapkan pola hidup sehat, menjaga asupan anak serta rutin konsultasi kesehatan ke puskesmas atau posyandu terdekat.

“Tidak hanya anak saja, proteksi atau pencegahan dini harus dilakukan sejak awal kehamilan, dinas kesehatan kabupaten dan kota memberikan pendampingan bagi ibu hamil melalui tenaga kesehatan di tingkat posyandu” ujarnya.

Imunisasi MR diberikan demi melindungi anak dari penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, gangguan pengelihatan, kelainan jantung dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella pada saat kehamilan. [Jk]

Tags

Facebook comments

Berita Terkait