Skip to main content
hukum
Polisi mengamankan pelaku perampokan uang nasabah Bank BRI Cabang Manna

Dibekuk Polisi, Spesialis Perampok Uang Nasabah Bank BRI Manna ini Semuanya Dari OKI Sumsel

  • Star
  • Star
  • Star
  • Star
  • Star

Bengkulu Selatan, Bengkulutoday.com - Empat warga dari Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan berhasil diamankan Polres Bengkulu Selatan pada Selasa (19/3/2019) siang. Mereka diamankan setelah salah satunya berhasil dibekuk Polisi pasca melakukan aksi perampokan uang nasabah Bank BRI Cabang Manna. Kemudian dari pengembangan, Polisi berhasil mengamankan tiga pelaku lainnya yang merupakan satu jaringan.

Para pelaku yang berhasil diamankan:

  1. AR (23), warga Mesuji Kabupaten OKI, Sumatera Selatan
  2. HS (31), warga Desa Paku Kabupaten OKI, Sumatera Selatan
  3. AT (30), warga Desa Cinta Raya Kabupaten OKI, Sumater Selatan
  4. To (50), warga Desa Bangun Jaya Kabupaten OKI, Sumatera Selatan

Polisi juga berhasil mendapatkan pengakuan bahwa para pelaku telah melakukan aksinya di 4 TKP. Tiga TKP di wilayah hukum Bengkulu Selatan, dan 1 TKP di wilayah hukum Kota Bengkulu.

Empat TKP:

  1. Depan Toko ADE 2 Kerugian Rp. 100.000.000
  2. Depan Masjid Puyang sakti Manna kerugian Rp. 120.000.000
  3. Desa Pino Raya kerugian Rp. 15.000.000
  4. Pasar Panorama Bengkulu kerugian sebesar Rp. 100.000.000

Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Rudy Purnomo melalui Kasat Reskrim AKP Enggarsyah Alim mengatakan, pelaku merupakan spesialis perampokan uang nasabah bank dengan modus mengambil uang korban di kendaraan roda dua dan roda empat. 

Terungkapnya tindakan kejahatan oleh pelaku ketika salah satu pelaku berhasil merampok uang milik pelapor, Andreani Lumban Raja (22). Pelapor sebelumnya mengambil uang di BRI Cabang Manna sebesar Rp 100 juta. Usai mengambil uang itu, pelapor kemudian pergi berbelanja di toko ADE, kawasan Jalan Jenderal Ahmad Yani.

Sekitar 10 menit kemudian, korban dikejutkan dengan adanya warga dan Polisi yang telah mengamankan seorang pelaku karena mengambil uang milik korban di dalam mobil. Korban kemudian melaporkan kejadian itu ke Polres Bengkulu Selatan. 

Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Rudy Purnomo melalui Kasat Reakrim AKP Enggarsyah Alim Baldi mengatakan, modus operandi pelaku dengan mengamati calon korban di dalam bank, yang mana pelaku saling berhubungan dengan teman lainnya. Setelah ada target, pelaku yang didalam bank langsung menghubungi temannya yang diluar untuk melakukan aksinya merampas duit nasabah pada saat nasabah memberhentikan kendaraannya.

Polres Bengkulu selatan mendapatkan informasi jika pelaku spesialis perampok uang nasabah berada di Mmanna dan dicurigai akan melaksanakan aksinya. Kemudian, pada Hari Selasa personil Polres sudah disebar di bank-bank yang nantinya akan menjadi target pelaku. Begitu ada informasi dari personil Polres yang memonitor di bank bahwa ada nasabah yang melakukan penarikan dalam jumlah besar, gabungan personil Polres Bengkulu Selatan yang merupakan gabungan dari Satreskrim, Satintelkam dan Sabhara mulai siaga di persimpangan-persimpangan jalan. Kemudian, pelaku akhirnya berhasil dibekuk di depan toko Ade di Jalan Rajawali dekat Hotel Grand Seven One, demikian dijelaskan Kasat Reskrim AKP Enggarsyah Alim Baldi. [Fong]

Facebook comments

Berita Terkait