Skip to main content
Gaya Hidup
Ketua Kelompok KKN 37 Air Sebakul Yedija Manullang memberikan cinderamata kepada Kapolsek Talang Empat Iptu Ahmad Khairuman,SE

Di Talang Empat, Mahasiswa KKN UNIB Sosialisasikan Bahaya Narkoba 

  • Star
  • Star
  • Star
  • Star
  • Star

Bengkulu Tengah, Bengkulutoday.com - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Bengkulu dari kelompok 37 Air Sebakul mengadakan sosialisasi bahaya Narkoba kepada paar siswa SMAN 6 Bengkulu Tengah. Kegiatan sosialisasi digelar di aula sekolah pada Rabu (18/7/2018). Kreatifnya lagi mahasiswa KKN mengandeng Polsek Talang Empat sebagai narasumber kegiatan itu. 

Diikuti 120 siswa dari kelas 10,11 dan 12, kegiatan sosialisasi memaparkan tentang bahaya Narkoba bagi generasi muda. Kapolsek Talang Empat Iptu Ahmad Khairuman,SE memaparkan tentang bahaya Narkoba yang sudah menjadi musuh bersama bangsa ini. Narkoba selain merusak generasi juga menjadi kejahatan yang diperangi oleh semua lapisan masyarakat, selain oleh penegak hukum. Namun sayangnya, masyarakat kelas bawah sering menjadi korban jaringan Narkoba, namun bandarnya selamat dan justru menikmati hasilnya.

Kapolsek juga memaparkan berbagai jenis Narkoba yang saat ini kerab beredar di masyarakat. Kapolsek berharap generasi muda memproteksi diri dari bahaya Narkoba. Sebab barang haram Narkoba jika sudah merasuk ke generasi muda akan menjadi pecandu dan sulit dihilangkan.

Dalam materinya, Kapolsek menjelaskan jenis-jenis Narkoba yang beredar di masyarakat, diantaranya Ganja, Heroin, Skstasi, Putaw, Kokain dan lain sebagainya. Narkoba dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan yang dibedakan ke dalam golongan-golongan. Pecandu Narkotika adalah orang yang menggunakan atau menyalahgunakan Narkotika dan dalam keadaan ketergantungan pada Narkotika, baik secara fisik maupun psikis . Kapolsek juga menekankan  bahwa akan sangat berbahaya jika kita sudah coba-coba dengan Narkoba. "Narkoba sangat dipengaruhi oleh lingkungan dan pergaulan, jadi kita tetap harus menjaga dan memproteksi diri dari pergaulan yang buruk dan lingkungan yang berpotensi untuk kita mengunakan Narkoba. Dimulai dari dalam diri kita untuk mengetahui Narkoba dan bahayanya dan harus  ada niat yang kuat untuk tidak menggunakan barang haram tersebut karena akan sangat merugikan diri kita sendiri dan keluarga. Dan juga mendekatkan diri pada Tuhan Yang Esa dengan memperbanyak ibadah terutama shalat lima waktu bagi yang muslim dan silaturahmi dengan orang-orang yang mempunyai dampak positif untuk kita," papar Kapolsek dihadapan para siswa. 

Dalam kesempatan itu, ketua kelompok KKN 3 Air Sebakul Yedija Manullang berharap kegiatan itu tidak hanya seremonial saja, namun juga dapat memberikan dampak bagi para siswa, terutama untuk mengetahui bahaya dan jenis Narkoba. Mahasiswa prodi Agroteknologi Fakultas Pertanain UNIB itu juga memberikan semangat kepada para siswa bagaiman menjadi generasi yang bermanfaat.

Sementara pihak sekolah yang diwakili oleh Fawid menekankan agar kegiatan sosialisasi terkait bahaya Narkoba terus dilakukan. Agenda sosialisasi tidak hanya akan berlangsung hari itu saja, namun kedepan akan terus dilakukan. [Rls]

SISWA
Para siswa mengikuti sosialisasi bahaya Narkoba
SISWA
Kapolsek Talang Empat Iptu Ahmad Khairuman berfoto bersama mahasiswa KKN UNIB dan para siswa SMAN 6 Benteng

 

Tags

Facebook comments

polda

 

Berita Terkait