Di Desa Melati Harjo Ketahun, Ada Lomba Tumpeng HUT RI

Tumpeng yang dilombakan

Bengkulutoday.com - Desa Melati Harjo Kecamatan Ketahun, Kabupaten Bengkulu Utara terbilang unik  dalam memeriahkan HUT ke-74 RI. Mereka mengadakan lomba nasi tumpeng yang diikuti oleh warga dari setiap RT di desa itu. Masing-masing RT diberi uang Rp 100 ribu untuk biaya pembuatan tumpeng, dan kemudian tumpeng itu dilombakan.

Perlombaan tumpeng dilakukan pada Jumat (16/8/2019) malam di balai desa setempat. Sebagai juri adalah warga yang datang kemudian menilai setiap tumpeng dari masing-masing RT. Sedangkan pemenangnya, nantinya akan diberikan hadiah.

"Sebelum dilaksanakan lomba, warga sudah berkumpul untuk menggelar doa bersama malam 17-an di balai desa. Selanjutnya warga secara giliran menilai tumpeng yang disajikan dari masing-masing RT, dengan cara memilih salah satu yang menurutnya terbaik dan dilakukan voting", ujar Kades Melati Harjo Dukut Sumari, S.IP.

Lomba tumpeng menurut Dukut bukan hanya sebagai bentuk perlombaan memeriahkan HUT ke-74 RI saja, namun sebagai bentuk pelestarian adat dan budaya leluhur. Selain itu, juga untuk mempererat silaturahmi antar warga.

"Kerukunan dan silaturahmi kunci dalam pembangunan desa. Semoga Desa Melati Harjo semakin maju untuk kedepannya", singkatnya menandaskan.

(Alek)

www.domainesia.com