Skip to main content
Politik
Suimi Fales, SH, bakal calon Walikota Bengkulu

Cerita Suimi Ingin Jadi Walikota

  • Star
  • Star
  • Star
  • Star
  • Star

Kota Bengkulu, Bengkulutoday.com - Suimi Fales atau yang akrab dipanggil Wan Sui oleh kerabat dan masyarakat Kota Bengkulu digadang maju sebagai bakal calon Walikota Bengkulu 2018 mendatang. Suimi Fales merupakan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang sudah akrab ditelinga masyarakat Kota Bengkulu. Selain dikenal kritis, Suimi Fales juga populer dikalangan grass root, maklum Suimi Fales dibesarkan dari keluarga yang 'membumi' dengan masyarakat dan tumbuh ditengah-tengahnya. 

Selama menjadi politisi di DPRD Kota Bengkulu, Suimi memang populer dengan posisinya sebagai 'oposisi' dalam bersuara menggunakan fungsi pengawasannya sebagai anggota dewan.

"Saya hanya menjalankan tugas, wakil rakyatkan digaji untuk bersuara kritis," kata Suimi Fales. 

Sebagai politisi senior di DPRD Kota Bengkulu, Suimi dianggap memahami seluk beluk anggaran dan kebijakan di Kota Bengkulu. "Itu modal awal sebagai calon pemimpin Kota Bengkulu, berdasarkan undang-undang calon kepala daerah harus memahami karakteristik daerah dan segenap problematikanya, jadi siapapun pemimpin kota mendatang harus benar-benar paham seluk beluk kota sampai hal-hal teknis, misalnya soal parkir, pelayanan publik, dan infrastruktur," kata salah satu pakar komunikasi dari kampus terkemuka di Bengkulu. 

"Iya sebagian masyarakat dan konstituen saya memotivasi saya untuk maju karena saya dianggap sudah khatam masalah di Kota Bengkulu, dilegislatif sudah cukup lama, saatnya di eksekutif, itulah aspirasi arus bawah yang  mendukung saya," ungkap Suimi.

Dorongan untuk tampil sebagai figur alternatif di Pilwakot menguat saat Suimi mempertegas kesiapannya. "Saya menyatakan siap, sebab motivasi itu amanah yang harus direspon dengan tindakan, saya sadari tanpa dukungan arus bawah saya tidak akan menjadi politisi seperti sekarang," ujarnya.

Selain dukungan arus bawah, Suimi mengaku didukung partai tempatnya bernaung, yakni PKB. "Iya DPW PKB secara politik sudah menyatakan dukungannya kepada saya," imbuhnya.

Ketua DPW PKB Bengkulu Herliardo,S.Ag mengaku sangat mendukung jika ada kader PKB yang mau berkiprah dieksekutif. "Jelas kita dukung, tentunya dengan pertimbangan yang matang dan rasional dan realistis," kata Herliardo saat dikonfirmasi di kantor DPW PKB Bengkulu.

Saat ini Suimi belum memastikan menggunakan jalur partai atau perseorangan. "Masih dalam kajian tim dan sumbang saran dari pendukung, nantinya akan kami putuskan apakah melalui jalur parpol atau perseorangan," pungkasnya.

Saat ditanya visi dan misi, Suimi belum mau terbuka. "Visi dan misi kita susun bersama calon wakil nantinya dengan memperhatikan suara masyarakat Kota Bengkulu dan capaian yang telah terwujud oleh pemerintah kota saat ini serta merujuk pada produk-produk hukum lainnya, sebab masyarakat kota adalah masyarakat yang cerdas dan berdaya informasi tinggi, " urainya.

(Ar)

Tags

Facebook comments

Berita Terkait