Skip to main content
politik
Cek Fakta

Cek Fakta: Maklumat Helmi Hasan Tentang Menutup Lokalisasi Hingga Menghapuskan Tabut

  • Star
  • Star
  • Star
  • Star
  • Star

Bengkulutoday.com - Beredar selebaran di media sosial pada Sabtu (13/4/2019). Dalam selebaran tersebut berbunyi maklumat Helmi Hasan yang tertulis selaku Ketua Badan Pemenangan Nasional Capres Cawapres Nomor urut 2 Provinsi Bengkulu. 

Berikut isi maklumat tersebut:

Maklumat Ketua Badan Pemenangan Nasional Capres/Cawapres Nomor Urut 02 Provinsi Bengkulu.

Demi merubah nasib kehidupan Indonesia menuju masyarakat Adil dan Makmur, Kota Bengkulu Kota yang religius, maka dengan ini saya H Helmi Hasan,SE selaku Ketua Badan Pemenangan Nasional Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Nomor urut 02 H Prabowo Subianto/Sandiaga Uno dengan ini mengajak seluruh rakyat Kota Bengkulu dan sekitarnya untuk memahami dan meresapi program-program Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 02 H Prabowo Subianto/Sandiaga Uno adalah sebagai berikut:
1. Mewujudkan Kota Bengkulu yang Religius, menghilangkan segala bentuk maksiat yang ada seperti Panti Pijat, Lokalisasi, tempat hiburan karaoke, diskotik, bilyard, miras,dll
2. Menerapkan Undang-Undang Syariah dan Perda Syariah baik itu berlaku secara nasional maupun perda bagi Kota Bengkulu seperti kwajiban pebankan syariah, badan-badan usaha maupun perusahaan syariah, pakaian syariah bagi seluruh masyarakat Kota Bengkulu dan larangan berpacaran, gaya hidup glamor dan wajib baca bahasa Arab bagi anak-anak wajib belajar 12 tahun
3. Menerapkan perdagangan syariah bagi seluruh pedagang besar maupun kecil
4. Menurunkan harga-harga sembako, tarif dasar listrik, menaikkan gaji PNS, TNI/Polri, memberikan jaminan hidup bagi fakir miskin dan pengangguran selama belum mendapatkan pekerjaan dengan sumber dana dari wajib zakat maal
5. Memberantas praktek korupsi dan pungli bagi pelayanan masyarakat dan menenrapkan hukum qisos bagi pelaku pencurian termasuk korupsi
6. Membatasi orang asing agar aset-aset dan pekerjaan-pekerjaan tidak dikuasai oleh orang asing
7. Menurunkan harga pupuk dan menaikkan harga sawit dan karet bagi para petani
8. Tidak mengkriminalisasi ulama dan akan menjemput pulang Habib Rizieq Sihab dan mencabut sttaus terlarang ormas HTI
9. Mengembalikan suasana kehidupan seperti jaman orde baru yang aman tenteram dan makmur
10. Membentuk angkatan bersenjata yang kuat sehingga disegani bangsa lain
11. Menghapus kebudayaan yang sifatnya syirik seperti perayaan Tabut

FAKTANYA:
Penjelasan Helmi Hasan:
Helmi Hasan membantah surat edaran tersebut dibuat oleh dirinya. "Surat itu sudah saya baca bahwa saya ketua tim, padahal bukan ketua tim pemenangan, itu saja sudah salah," kata Helmi Hasan, dikutip dari Pedomanbengkulu.com, Minggu 14 April 2019.

Selain itu pihaknya beranggapan bahwa surat yang beredar itu sangat tidak baik.

"Maka tidak mungkin mempan cara-cara seperti itu di Kota Bengkulu, karena di Kota Bengkulu masyarakatnya sudah cerdas, bijak dan kita sudah sama-sama menyaksikan bagaimana proses yang hampir setiap lima tahunan itu sudah dilalui masyarakat Bengkulu," imbuh Helmi Hasan.

Tindak Lanjut:
Tim kuasa hukum Helmi Hasan kemudian melaporkan temuan tersebut ke Bawaslu Provinsi Bengkulu pada Minggu 14 April 2019. Menurut Agustam Rachman selaku kuasa hukum, surat tersebut palsu karena bukan dibuat oleh Helmi Hasan.

"Hari ini minggu tanggal 14 april saya mendapat perintah dari Helmi Hasan untuk melaporkannya ke Bawaslu Provinsi dan minta untuk ditindak lanjuti ke depan, saya tidak ingin nama kliennya tersebut tercemar dan rusak dalam pandangan masyarakat," kata Agustam Rahman.

Kesimpulan:
Dengan telah terklarifikasinya surat edaran yang berisi maklumat tersebut kepada yang bersangkutan (Helmi Hasan), maka surat tersebut adalah hoaks.

[brm/pb]

SURAT
Surat edaran berisi maklumat yang beredar di media sosial 

 

Facebook comments

Berita Terkait