Bunga Kibut Mekar Sempurna di Kepahiang, Bupati Ajak Lestarikan Puspa Langkah

Bupati Kepahiang Mengunjungi Bunga Kibut

Kepahiang, Bengkulutoday.com - Bunga kibut atau nama latinnya amorphophallus titanium becc mekar sempurna di Kabupaten Kepahiang, tepatnya di taman konservasi di Desa Tebat Monok. Bunga kibut raksasa dengan tinggi 3 meter dan diameter 1 ini merupakan bunga terbesar, tumbuhan ini dari suku talas-talasan dan kini sedang mekar di habitatnya.

Disebut bunga kibut karena warga disekitarnya menyebut demikian, padahal secara umum bunga ini populer dengan nama bunga bangkai. Amorphophalus titanium adalah bunga yang sangat khas dan indah, saat mekar bunga ini berwarna merah ataupun jingga, biasanya bunga ini mekar sekitar 4 sampai 7 hari kemudian layu.

Untuk melihat keindahannya, pengunjung tidak membutuhkan waktu yang lama, lantaran keberadaannya tak jauh dari Desa Tebat Monok. Bunga yang mekar sempurna ini mulai banyak dikunjungi wisatawan dan pecinta bunga, baik untuk menikmati atau untuk sekedar swafoto. Tak ketinggalan Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattulah Sjahid, MM IPU Minggu (8/9/19) menyempatkan waktunya berkunjung untuk menyaksikan keindahan bunga kibut.

"Puspa langka seperti kibut ini harus dilestarikan, beruntung sudah ada konservasinya. Lihat saja bunga itu tumbuh dan sangat indah," ungkap Bupati.

(my)

www.domainesia.com