Audiensi Bersama BKKBN, Pj Walikota Komitmen Dukung Program Bangga Kencana

Audiensi Bersama BKKBN, Pj Walikota Komitmen Dukung Program Bangga Kencana


Bengkulutoday.com  – Pj Walikota Bengkulu menyambut baik kedatangan Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu Zamhari.

Maksud dan tujuan kedatangan Zamhari ke Balai Kota Merah Putih, Senin (18/3), yaitu menggelar audiensi bersama Pj Walikota. Ini dilakukan sebagai upaya memperkuat program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (Bangga Kencana) di Kota Bengkulu.

Dalam kesempatan ini, hadir juga mendampingi Pj Walikota yakni Asisten I Setda Kota Bengkulu Eko Agusrianto, Kepala Dinas P3AP2KB Dewi Dharma, Kepala Dinas Koperasi & UKM Nurlia Dewi, Plt Kepala Dinas Kesehatan Joni serta Kepala Dinas P3AP2KB Kota Bengkulu, Dewi Dharma.

Topik pertemuan ini terkait beberapa indikator mendukung keberhasilan program Bangga Kencana, seperti penguatan kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) dan pembentukan Generasi Berencana (GenRe) tingkat desa/kelurahan.

Menyoal itu, Arif Gunadi menyatakan bahwa pihaknya terus mendukung program nasional dalam meningkatkan kualitas SDM dan kemaslahatan warga.

“Kita terus membuka ruang kepada BKKBN untuk bersinergi bersama lintas sektor di lingkup pemkot,” ujar Arif.

Oleh karena itu, dalam mempercepat terwujudnya masyarakat yang sehat, mandiri, dan sejahtera. Arif mengimbau keterlibatan penyuluh lapangan KB dan Petugas KB di kelurahan dan kecamatan untuk aktif bersama masyarakat.

“Ada beberapa hal penting yang perlu segera ditindaklanjuti oleh dinas teknis, seperti pembuatan regulasi tentang Catin dan pendataan jumlah keluarga melahirkan,” jelas Arif.

Sebelumnya, Zamhari menyebutkan bahwa kunjungan kerja tersebut bertujuan untuk memperkuat program yang diamanatkan oleh UU Nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga di Kota Bengkulu.

“Pada dasarnya BKKBN menitipkan program kepada pemerintah daerah karena BKKBN tidak memiliki wilayah, oleh karena itu perlu mendapat dukungan sepenuhnya dari pemerintah daerah,” ujar Zamhari.

“Tugas BKKBN adalah menunjang kinerja pemda dalam pelaksanaan program pembangunan keluarga untuk menuju keluarga dan SDM yang berkualitas guna mengisi pembangunan berkelanjutan,” tambahnya.

Dalam waktu dekat, perlu ditingkatkan pembinaan Kampung KB, pembinaan terhadap poktan UPPKA, serta terbentuknya GenRe di setiap kelurahan. Hal tersebut diperlukan untuk mempercepat ekonomi keluarga dan meningkatkan kualitas keluarga guna mencegah generasi stunting.

Zamhari juga menjelaskan bahwa BKKBN memiliki 305 orang tenaga penyuluh KB dan dukungan dana BOKB yang dapat diberdayakan oleh pemerintah daerah.

Seperti kita ketahui, Program Bangga Kencana merupakan akronim dari Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana, yang menjadi salah satu program unggulan dari BKKBN. Bangga Kencana menjadikan keluarga sebagai sandaran pembangunan serta berfokus mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Program Bangga Kencana ini berfokus untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas. Salah satu fokus dari program Bangga Kencana, yaitu penurunan stunting yang juga menjadi program strategis nasional yang ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia (RI).

Untuk Kota Bengkulu, Pemkot melalui DP3AP2KB bersama berbagai stakeholder menyiapkan lima program prioritas seperti melakukan pendampingan oleh Tim Pendamping Keluarga (TPK) hingga memperkuat pentahelix dimana semua unsur terkait bersatu padu berkoordinasi serta berkomitmen untuk menekan angka stunting. (Adv)