Skip to main content
Hari Raya Idul Adha
HUT RI ke 73 Mukomuko
IKLAN KPU
TODAY
Politik
Asmawar Arfan (kemeja putih) nampak tenang mendampingi calon Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi

Asmawar Arfan 'Gantikan' Helmi Hasan

  • Star
  • Star
  • Star
  • Star
  • Star

Bengkulutoday.com - Ada yang unik saat penetapan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bengkulu yang digelar KPU Kota di Hotel Santika Kota Bengkulu, Senin (12/2/2018). Adalah Asmawar Arfan, ketua DPC Partai Gerindra Kota Bengkulu menggantikan Helmi Hasan mendampingi Dedy Wahyudi pada kesempatan itu. Dengan menggunakan kemeja putih khas Partai Gerindra, Asmawar nampak tenang 'menduduki' posisi Helmi Hasan sebagai calon Wali Kota Bengkulu. Disampingnya, duduk calon Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi. 

Fenomena ini termasuk langka, sebab jarang sekali pada saat penetapan pasangan calon tidak dihadiri oleh yang bersangkutan. Helmi Hasan sendiri tidak hadir pada kesempatan itu dikarena sedang melaksanakan ibadah Umroh. "Helmi Hasan sedang umroh dari tanggal 10 sampai 20 februari 2018," jelas Darlinsyah, ketua KPU Kota Bengkulu.

Selain saat penetapan paslon, ketidakhadiran Helmi Hasan juga akan berlanjut pada pengundian nomor urut paslon yang digelar Selasa (13/2/2018). Sesuai jadwal KPU, Selasa itu akan diundi nomor urut pasangan calon.

Pada penetapan pasangan calon, empat pasangan dinyatakan lolos oleh KPU Kota Bengkulu. Keempat pasang calon itu adalah Patriana Sosialinda dan Mirza, Erna Sari Dewi dan Ahmad Zarkasi, Helmi Hasan dan Dedy Wahyudi serta David Suardi dan Bakhsir.

Tiga pasangan dari jalur partai politik, sedangkan satu pasangan dari jalur perseorangan, yakni David Suardi dan Bakhsir. Sebelumnya kontestan jalur perseorangan diikuti dua pasang, namun KPU menyatakan gugur alias Tidak Memenuhi Syarat (TMS) kepada Jahin dan Khairunisa. Sedangkan David dan Bakhsir dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) dan belanjut lolos sebagai pasangan calon.

(Joko Susanto)

Facebook comments

Berita Terkait