Air Terjun Singkai yang Tersembunyi

Wisata Air Terjun Singkai Mukomuko

Air terjun jadi pilihan wisata bagi banyak orang. Selain medan yang menantang, biasanya di air terjun ada banyak aktivitas yang dapat dinikmati. Mulai dari menikmati hawa sejuk, berfoto, dan berenang. Seperti halnya didesa Lubuk Selandak, Kecamatan Teramang Jaya, menyimpan satu keindahan alam yang menakjubkan, seperti Air Terjun yang tingginya mencapai 80 Meter dan diberi nama air terjun Singkai.

Air Terjun Singkai Mukomuko merupakan destinasi wisata alam yang memiliki pesona keindahan luar biasa tetapi belum banyak yang bisa menikmati keindahan objek wisata satu ini. Banyak alasan kenapa air terjun itu masih sepi pengunjung. Di antarannya jarak dari pemukiman dengan lokasi cukup jauh serta akses jalan yang masih jauh dari kata elok.

Dari simpang SP 1 Penarik masuk ke arah SP 2 bisa menggunakan kendaraan roda 4 juga bisa menggunakan motor, karena jalan yang sulit ditempuh, disarankan untuk menggunakan kendaraan khusus yang bisa masuk ke jalan–terjal bebatuan dan tanah merah. Setelah sampai di tugu kedua, yaitu Tugu Bima Putra, belok ke arah kanan masuk ke jalan koral. Sekitar satu jam perjalanan kita akan bertemu dengan sungai yang terbentang luas. Di musim kemarau sungai tidak terlalu dalam, akan tetapi jika di musim penghujan sungai dapat meluap. Untuk sepeda motor bisa melewati rakit yang tersedia dengan membayar 5000 rupiah. 

Sekitar 30 menit dari tempat pemberhentian mobil akhirnya yang menjadi tujuan sudah semakin dekat dengan terdengarnya suara gemercik air yang sangat deras, dan akhirnya sampai di lokasi air terjun. (mas)