Skip to main content
Kota Bengkulu
Bimtek ASN Kota Bengkulu

84 ASN Kota Bengkulu Ikuti Bimtek Pengelolaan Keuangan

Kota Bengkulu, Bengkulutoday.com - Sebanyak 84 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Bengkulu ikut sebagai peserta dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Hotel Raffles City, Pantai Panjang, Kota Bengkulu, Rabu (19/4/2017) pagi. 

Sekretaris Daerah (Sesda) Kota Bengkulu, Marjon dalam sambutannya mengharapkan peserta Bimtek keuangan untuk aktif dan teliti dalam mengatur keuangan daerah. Menurut Dia, OPD harus bisa memahami penerapan aturan pengelolaan keuangan.

"Jangan sungkan untuk memberi tahu atasan tentang pengeluaran yang boleh dan yang tidak boleh, terjemahkan kepada atasan, beri tahu jika tidak dibolehkan aturan. Jika kita semua sudah paham, maka tidak akan ada permasalahan dan itu artinya Bimtek ini berhasil," kata Marjon. 

Sebab, kata Marjon, banyak pengalaman menunjukkan sejumlah pejabat di OPD ternyata tidak memahami aturan. Hasil Briefing bersama Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan BPKA menunjukkan masih ada pejabat tidak paham aturan pengelolaan keuangan daerah. 

"Jadi nanti Bapak dan Ibu harus banyak berdiskusi dengan narasumber terkait aturan keuangan daerah. Kadang kita melakukan hal teknis tanpa didasari aturan. Harusnya paham dari Undang-undang, Peraturan Pemerintah (PP), Aturan Kemendagri, Perda dan sampai ke Perwal," jelasnya.

Untuk itu, kata Marjon, tujuan dilaksanakannya Bimtek agar peserta mengikuti arahan dan petunjuk pengaturan uang daerah sesuai aturan. Dia berpesan agar pengelolaan keuangan harus tertib. Bendahara tidak boleh sembarangan mengeluarkan uang apalagi tanpa adanya laporan. 

"Kota Bengkulu tahun 2017 bukan ingin merubah pola yang sudah ada, tapi lebih pada mencari pola yang memang sesuai dengan aturan. Contohnya, bagian Tata Usaha (TU), jadi kita tidak mau lagi bagian TU tidak memberikan laporan keuangan selama berbulan-bulan. Jangan juga mengeluarkan uang jika pelaporan keuangannya tidak ada walaupun itu untuk keperluan kepentingan dinas, jika tidak sesuai aturan," tandasnya. (Jk/Adv)

pemkot
ASN Kota Bengkulu menyanyikan lagu Indonesia Raya
kota
Sambutan dari penyelenggara Bimtek
kota
Sambutan Sesda Kota Bengkulu Marjon,M.Pd
kota
Peserta Bimtek
kota
Peserta bimtek akan mendapat berbagai materi dari nara sumber

Facebook comments

Berita Terkait