2021: Pantai Panjang Jalan Mulus, Sentra Wisata dan Sentra Ekonomi Rakyat

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah

Bengkulutoday.com - Kawasan wisata Pantai Panjang di Kota Bengkulu ditargetkan akan rampung ditata 2021 nanti. Selain menjadi sentra wisata, kawasan Pantai Panjang juga akan dijadikan sentra ekonomi. Untuk diketahui, sejak 2018 lalu, Pantai Panjang mulai dibenahi oleh Pemprov Bengkulu setelah diambil alih pengelolaannya. 

Kemudian, mulai tahun 2019 ini, Pemprov Bengkulu terus melanjutkan membangun infrastruktur di kawasan Pantai Panjang yang sudah dimulai sejak 2018 lalu.

"Untuk peningkatan jalan sudah dikerjakan tahun lalu dengan anggaran Rp 15 miliar, kemudian pembangunan kawasan Pasir Putih dengan dana Rp 9,8 miliar tahun ini, sedangkan tahun 2020 target membangun kawasan sentra ekonomi di Pantai Panjang," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat membuka Festival Pesisir Pantai Panjang.

Adapun penataan Pantai Panjang dengan membangun sentra wisata di kawasan Pasir Putih di Pantai Panjang dan akan dilanjutkan hingga ke Bengkulu Indah Mall (BIM).

"Nantinya akan disiapkan juga tempat (auning) untuk pedagang kaki lima, serta melatih masyarakat agar sadar wisata. Sebab penataan ini harus disiapkan secara sistimatis dan terencana,” ujar Rohidin.

"Target saya Pantai Panjang akan tertata dengan rapi, pertumbuhan ekonominya berjalan dengan baik. Sehingga akan timbul kesan, Pantai Panjang Bengkulu sungguh sangat elegan," pungkasnya.