2019 Gusnan Mulyadi Siapkan Kebun Kopi Percontohan

Plt Bupati Gusnan
Plt Bupati Gusnan

Bengkulu Selatan, Bengkulutoday.com – Pelaksana tugas (plt) Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi   saat ini berupaya memajukan usaha pertanian di Bengkulu Selatan, jika selama ini memberikan bimbingan kepada petani jagung, sawah dan usaha kolam air deras. Mulai tahun 2019, dirinya akan membantu memajukan usaha perkebunan kopi petani.

“Ke depan, kami akan berupaya agar petani kopi di Bengkulu Selatan kesejahteraannya meningkat,” katanya.

Gusnan mengatakan, upaya yang dilakukan saat ini dengan membentuk kebun kopi percontohan. Sehingga petani lain dapat mencontohnya. Terlebih lagi saat ini harga kopi masih normal dan tidak mengalami penurunan seperti harga buah kelapa sawit dan karet. Adapun lokasinya yakni di Desa Talang Tinggi, Ulu Manna dengan luas lahan sekitar 50 hektar.

“Bibit kopi robusta didatangkan dari Surabaya,” ujarnya.

Gusnan menambahkan, pada lahan warga tersebut, pihaknya akan memberikan bimbingan mulai dari cara menanam yang baik, cara memelihara, cara panen hingga cara pengelolaan. Bibit kopi yang disiapkan saat ini sebanyak 170 ribu batang. Selain lahan di Desa Talang Tinggi, Ulu Manna, dirinya mengaku, juga sudah petani lain target pembinaan. Petani kopi yang akan dibina yakni petani kopi di Desa Batu Ampar, Kedurang.

“Ke depan, dengan adanya kebun kopi percontohan ini, produksi kopi di Bengkulu Selatan  lebih maksimal dan kesejahteraan petani juga semakin meningkat,” harap Gusnan. [Fong]

NID Old
7952