2 Ha Sawah di Kepahiang Diterjang Longsor, Petani Gagal Panen

Kondisi Lahan Persawahan Warga Desa Kampung Bogor,  Kepahiang yang diterjang longsor Kamis (24/1/2019)
Kondisi Lahan Persawahan Warga Desa Kampung Bogor, Kepahiang yang diterjang longsor Kamis (24/1/2019)

Kepahiang, Bengkulutoday.com - Akibat intensitas hujan tinggi belakangan terakhir yang terjadi di Kabupaten Kepahiang menyebabkan tanag tergerus, sedikitnya 2 Ha sawah di Desa Kampung Bogor Kecamatan Kepahiang diterjang longsor. Akibatnya, padi masyarakat petani yang baru 1,5 bulan tanam tersebut terancam gagal panen.

Longsor diketahui terjadi pada Kamis (24/1/2019) saat habis magrib, dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa, namun 2 Ha sawah milik petani diantaranya Usup, Murdin, Daryono, Sul, Anton Bis dan Didik rusak dan dinyatakan gagal panen.

"Lahan persawahan warga petani tertimbun tanah longsor, padahal rata-rata baru saja tanam, padi berumur 1 bulan. Kejadian longsor terjadi saat magrib, dimana petani sudah tidak lagi di sawah," jelas Sekdes Kampung Bogor, Ferdinsyah.

Akibat kejadian tersebut, lahan persawahan masyarakat petani sulit untuk dikelola kembali, lantaran terjadinya kerusakan tekstur tanah. Masyarakat setempat berharap, agar mendapatkan bantuan dari pemerintah kabupaten, terutama penanggulan bencana.

"Masih bisa menanam padi, namun petani perlu kerja keras untuk membersihkan timbunan tanah longsor. Atas dasar itulah kita berharap bantuan dari pemerintah kabupaten," tutupnya. [MY]

NID Old
8188
www.domainesia.com